Penyelesaian
A. Pengujian
Hipotesis
1.
Uji Homogenitas Variansi
Levene's Test of
Equality of Error Variancesa
|
||||
F
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
|
KINERJA GURU
|
.868
|
2
|
87
|
.423
|
PROFESIONALISME GURU
|
5.306
|
2
|
87
|
.007
|
Tests the null hypothesis that
the error variance of the dependent variable is equal across groups.
|
||||
a. Design: Intercept + A
|
a. H0 :
Variansi sama (Homogen)
H1 : Variansi
tidak sama (tidak homogen)
b. α :
0,05
c. Daerah kritis : H0 ditolak jika P Value (sig.) < 0,05
d. Statistic uji : P Value (sig. Y1 atau Kinerja Guru) = 0,423
P Value (sig. Y2 atau Profesionalisme Guru =
0,007
e. Kesimpulan :
Nilai P Value variabel Kinerja Guru 0,423 > 0,05 maka
variabel Kinerja Guru memiliki variansi sama (homogen), sedangkan nilai P Value
variabel Profesionalisme Guru 0,007 < 0,05 maka variabel Profesionalisme
Guru tidak memiliki variansi yang sama (tidak homogen).
2.
Uji Homogenitas Matriks Varian/covarian
Box's Test of Equality
of Covariance Matricesa
|
|
Box's M
|
15.819
|
F
|
2.549
|
df1
|
6
|
df2
|
1.886E5
|
Sig.
|
.018
|
Tests the null hypothesis that
the observed covariance matrices of the dependent variables are equal across
groups.
|
|
a. Design: Intercept + A
|
a. H0 :
Matriks varian/kovarian dari variabel dependen yang sama
H1 : Matrik
varian/kovarian dari variabel dependen yang tidak sama
b. α :
0,05
c. Daerah kritis : H0 ditolak jika P Value (Sig.) < 0,05
d. Statistic Uji : P Value (Sig.) = 0,018
e. Kesimpulan :
Karena nilai P Value (Sig.) 0,018 < 0,05 maka H0
ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa matriks varian/kovarian dari variabel
dependen yang tidak sama.
3. Uji
Manova
Multivariate Testsc
|
||||||
Effect
|
Value
|
F
|
Hypothesis df
|
Error df
|
Sig.
|
|
Intercept
|
Pillai's Trace
|
.998
|
2.298E4a
|
2.000
|
86.000
|
.000
|
Wilks' Lambda
|
.002
|
2.298E4a
|
2.000
|
86.000
|
.000
|
|
Hotelling's Trace
|
534.349
|
2.298E4a
|
2.000
|
86.000
|
.000
|
|
Roy's Largest Root
|
534.349
|
2.298E4a
|
2.000
|
86.000
|
.000
|
|
A
|
Pillai's Trace
|
.656
|
21.221
|
4.000
|
174.000
|
.000
|
Wilks' Lambda
|
.351
|
29.566a
|
4.000
|
172.000
|
.000
|
|
Hotelling's Trace
|
1.828
|
38.852
|
4.000
|
170.000
|
.000
|
|
Roy's Largest Root
|
1.818
|
79.062b
|
2.000
|
87.000
|
.000
|
|
a. Exact statistic
|
||||||
b. The statistic is an upper
bound on F that yields a lower bound on the significance level.
|
||||||
c. Design: Intercept + A
|
Tests of
Between-Subjects Effects
|
||||||
Source
|
Dependent Variable
|
Type III Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Corrected Model
|
KINERJA GURU
|
1737.356a
|
2
|
868.678
|
44.479
|
.000
|
PROFESIONALISME GURU
|
3269.756b
|
2
|
1634.878
|
40.034
|
.000
|
|
Intercept
|
KINERJA GURU
|
334036.544
|
1
|
334036.544
|
1.710E4
|
.000
|
PROFESIONALISME GURU
|
1081971.378
|
1
|
1081971.378
|
2.649E4
|
.000
|
|
A
|
KINERJA GURU
|
1737.356
|
2
|
868.678
|
44.479
|
.000
|
PROFESIONALISME GURU
|
3269.756
|
2
|
1634.878
|
40.034
|
.000
|
|
Error
|
KINERJA GURU
|
1699.100
|
87
|
19.530
|
||
PROFESIONALISME GURU
|
3552.867
|
87
|
40.838
|
|||
Total
|
KINERJA GURU
|
337473.000
|
90
|
|||
PROFESIONALISME GURU
|
1088794.000
|
90
|
||||
Corrected Total
|
KINERJA GURU
|
3436.456
|
89
|
|||
PROFESIONALISME GURU
|
6822.622
|
89
|
||||
a. R Squared = ,506 (Adjusted R
Squared = ,494)
|
||||||
b. R Squared = ,479 (Adjusted R
Squared = ,467)
|
Uji
Hipotesis:
a. H0 : Tidak terdapat perbedaan Kinerja
Guru (Y1) dan Profesionalisme Guru (Y2) antara tipe kepemimpinan (A1) Permisif,
(A2) Demokratis, (A3) Otoriter pada Sekolah Taman Dewasa Se Kodya Yogyakarta.
H1 :
Terdapat perbedaan Kinerja Guru (Y1) dan Profesionalisme Guru (Y2) antara tipe
kepemimpinan (A1) Permisif, (A2) Demokratis, (A3) Otoriter pada Sekolah Taman
Dewasa Se Kodya Yogyakarta..
b. α = 0,05
c. Daerah kritis : H0 ditolak jika P Value (Sig.) < 0,05
d. Statistic Uji : Dari tabel Multivariate
Test didapat nilai P Value (Sig.) = 0,000
e. Kesimpulan :
Karena nilai P Value (Sig.) 0,000 <
0,05 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan
Kinerja Guru (Y1) dan Profesionalisme Guru (Y2) antara tipe kepemimpinan (A1)
Permisif, (A2) Demokratis, (A3) Otoriter pada Sekolah Taman Dewasa Se Kodya
Yogyakarta.
Selanjutnya untuk menguji hipotesis
antara variabel Kinerja Guru (Y1) dengan variabel Tipe Kepemimpinan (A1)
Permisif, (A2) Demokratis, (A3) Otoriter. Dan antara variabel Profesionalisme
Guru (Y2) dengan Tipe Kepemimpinan (A1) Permisif, (A2) Demokratis, (A3)
Otoriter. Maka data dapat diperoleh dari tabel Test Of Between-Subject Effect. Adapun hipotesis yang akan di uji
adalah sebagai berikut:
1. Ada
Perbedaan yang Signifikan Kinerja Guru antara Tipe Kepemimpinan Demokratis,
Permisif dan Otoriter
Tests of
Between-Subjects Effects
|
||||||
Source
|
Dependent Variable
|
Type III Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Corrected Model
|
KINERJA GURU
|
1737.356a
|
2
|
868.678
|
44.479
|
.000
|
PROFESIONALISME GURU
|
3269.756b
|
2
|
1634.878
|
40.034
|
.000
|
|
Intercept
|
KINERJA GURU
|
334036.544
|
1
|
334036.544
|
1.710E4
|
.000
|
PROFESIONALISME GURU
|
1081971.378
|
1
|
1081971.378
|
2.649E4
|
.000
|
|
A
|
KINERJA GURU
|
1737.356
|
2
|
868.678
|
44.479
|
.000
|
PROFESIONALISME GURU
|
3269.756
|
2
|
1634.878
|
40.034
|
.000
|
|
Error
|
KINERJA GURU
|
1699.100
|
87
|
19.530
|
||
PROFESIONALISME GURU
|
3552.867
|
87
|
40.838
|
|||
Total
|
KINERJA GURU
|
337473.000
|
90
|
|||
PROFESIONALISME GURU
|
1088794.000
|
90
|
||||
Corrected Total
|
KINERJA GURU
|
3436.456
|
89
|
|||
PROFESIONALISME GURU
|
6822.622
|
89
|
||||
a. R Squared = ,506 (Adjusted R
Squared = ,494)
|
||||||
b. R Squared = ,479 (Adjusted R
Squared = ,467)
|
Dari
tabel di atas menunjukan bahwa hubungan antara Tipe Kepemimpinan (A) dengan
kinerja guru (Y1) memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 hal ini
menunjukan bahwa terdapat perbedaan kinerja guru yang diakibatkan oleh tipe
kepemimpinan.
2. Ada
Perbedaan yang Signifikan Profesionalitas Guru antara Tipe Kepemimpinan
Demokratis, Permisif dan Otoriter
Tests of
Between-Subjects Effects
|
||||||
Source
|
Dependent Variable
|
Type III Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Corrected Model
|
KINERJA GURU
|
1737.356a
|
2
|
868.678
|
44.479
|
.000
|
PROFESIONALISME GURU
|
3269.756b
|
2
|
1634.878
|
40.034
|
.000
|
|
Intercept
|
KINERJA GURU
|
334036.544
|
1
|
334036.544
|
1.710E4
|
.000
|
PROFESIONALISME GURU
|
1081971.378
|
1
|
1081971.378
|
2.649E4
|
.000
|
|
A
|
KINERJA GURU
|
1737.356
|
2
|
868.678
|
44.479
|
.000
|
PROFESIONALISME GURU
|
3269.756
|
2
|
1634.878
|
40.034
|
.000
|
|
Error
|
KINERJA GURU
|
1699.100
|
87
|
19.530
|
||
PROFESIONALISME GURU
|
3552.867
|
87
|
40.838
|
|||
Total
|
KINERJA GURU
|
337473.000
|
90
|
|||
PROFESIONALISME GURU
|
1088794.000
|
90
|
||||
Corrected Total
|
KINERJA GURU
|
3436.456
|
89
|
|||
PROFESIONALISME GURU
|
6822.622
|
89
|
||||
a. R Squared = ,506 (Adjusted R
Squared = ,494)
|
||||||
b. R Squared = ,479 (Adjusted R
Squared = ,467)
|
Dari
tabel di atas menunjukan bahwa hubungan antara Tipe Kepemimpinan (A) dengan Profesionalisme
Guru (Y2) memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 hal ini menunjukan
bahwa terdapat perbedaan profesionalisme guru yang diakibatkan oleh tipe
kepemimpinan.
3. Kinerja
Guru dengan Tipe Kepemimpnan Demokratis lebih baik dari Tipe Kepemimpinan
Permisif dan Otoriter
Multiple Comparisons
|
|||||||
Tukey HSD
|
|||||||
Dependent Variable
|
(I) TIPE KEPEMIMPINAN
|
(J) TIPE KEPEMIMPINAN
|
Mean Difference (I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
||||||
KINERJA GURU
|
PERMISIF
|
DEMOKRATIS
|
-8.50*
|
1.141
|
.000
|
-11.22
|
-5.78
|
OTORITER
|
-9.97*
|
1.141
|
.000
|
-12.69
|
-7.25
|
||
DEMOKRATIS
|
PERMISIF
|
8.50*
|
1.141
|
.000
|
5.78
|
11.22
|
|
OTORITER
|
-1.47
|
1.141
|
.407
|
-4.19
|
1.25
|
||
OTORITER
|
PERMISIF
|
9.97*
|
1.141
|
.000
|
7.25
|
12.69
|
|
DEMOKRATIS
|
1.47
|
1.141
|
.407
|
-1.25
|
4.19
|
||
PROFESIONALISME GURU
|
PERMISIF
|
DEMOKRATIS
|
10.23*
|
1.650
|
.000
|
6.30
|
14.17
|
OTORITER
|
14.33*
|
1.650
|
.000
|
10.40
|
18.27
|
||
DEMOKRATIS
|
PERMISIF
|
-10.23*
|
1.650
|
.000
|
-14.17
|
-6.30
|
|
OTORITER
|
4.10*
|
1.650
|
.039
|
.17
|
8.03
|
||
OTORITER
|
PERMISIF
|
-14.33*
|
1.650
|
.000
|
-18.27
|
-10.40
|
|
DEMOKRATIS
|
-4.10*
|
1.650
|
.039
|
-8.03
|
-.17
|
||
Based on observed means.
The error term is Mean Square(Error) =
40,838.
|
|||||||
*. The mean difference is
significant at the ,05 level.
|
Dari
tabel di atas nilai P Value variabel kinerja guru dengan tipe kepemimpinan
demokratis 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dengan
tipe kepemimpinan demokratis tidak lebih baik dari tipe kepemimpinan permisif
dan otoriter.
4. Profesionalisme
Guru dengan Tipe Kepemimpinan Demokratis lebih baik dari Tipe Kepemimpinan
Permisif dan Otoriter
Multiple Comparisons
|
|||||||
Tukey HSD
|
|||||||
Dependent Variable
|
(I) TIPE KEPEMIMPINAN
|
(J) TIPE KEPEMIMPINAN
|
Mean Difference (I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
||||||
KINERJA GURU
|
PERMISIF
|
DEMOKRATIS
|
-8.50*
|
1.141
|
.000
|
-11.22
|
-5.78
|
OTORITER
|
-9.97*
|
1.141
|
.000
|
-12.69
|
-7.25
|
||
DEMOKRATIS
|
PERMISIF
|
8.50*
|
1.141
|
.000
|
5.78
|
11.22
|
|
OTORITER
|
-1.47
|
1.141
|
.407
|
-4.19
|
1.25
|
||
OTORITER
|
PERMISIF
|
9.97*
|
1.141
|
.000
|
7.25
|
12.69
|
|
DEMOKRATIS
|
1.47
|
1.141
|
.407
|
-1.25
|
4.19
|
||
PROFESIONALISME GURU
|
PERMISIF
|
DEMOKRATIS
|
10.23*
|
1.650
|
.000
|
6.30
|
14.17
|
OTORITER
|
14.33*
|
1.650
|
.000
|
10.40
|
18.27
|
||
DEMOKRATIS
|
PERMISIF
|
-10.23*
|
1.650
|
.000
|
-14.17
|
-6.30
|
|
OTORITER
|
4.10*
|
1.650
|
.039
|
.17
|
8.03
|
||
OTORITER
|
PERMISIF
|
-14.33*
|
1.650
|
.000
|
-18.27
|
-10.40
|
|
DEMOKRATIS
|
-4.10*
|
1.650
|
.039
|
-8.03
|
-.17
|
||
Based on observed means.
The error term is Mean Square(Error) =
40,838.
|
|||||||
*. The mean difference is
significant at the ,05 level.
|
Dari
tabel di atas nilai P Value variabel profesionalisme guru dengan tipe
kepemimpinan demokratis 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
profesionalisme guru dengan tipe kepemimpinan demokratis tidak lebih baik dari
tipe kepemimpinan permisif dan otoriter.