Jumat, 14 Juni 2013

NAMA : KRISNA FITRIYANTO NIM : 11081098 KELAS : MENEJEMEN PENDIDIKAN B

Penyelesaian

A.  Pengujian Hipotesis
1.   Uji Homogenitas Variansi
Levene's Test of Equality of Error Variancesa

F
df1
df2
Sig.
KINERJA GURU
.868
2
87
.423
PROFESIONALISME GURU
5.306
2
87
.007
Tests the null hypothesis that the error variance of the dependent variable is equal across groups.
a. Design: Intercept + A




a.   H0     : Variansi sama (Homogen)
H1     : Variansi tidak sama (tidak homogen)
b.   α        : 0,05
c.   Daerah kritis   : H0 ditolak jika P Value (sig.) < 0,05
d.   Statistic uji      : P Value (sig. Y1 atau Kinerja Guru) = 0,423
                          P Value (sig. Y2 atau Profesionalisme Guru = 0,007
e.   Kesimpulan     :
Nilai P Value variabel Kinerja Guru 0,423 > 0,05 maka variabel Kinerja Guru memiliki variansi sama (homogen), sedangkan nilai P Value variabel Profesionalisme Guru 0,007 < 0,05 maka variabel Profesionalisme Guru tidak memiliki variansi yang sama (tidak homogen).

2.   Uji Homogenitas Matriks Varian/covarian
Box's Test of Equality of Covariance Matricesa
Box's M
15.819
F
2.549
df1
6
df2
1.886E5
Sig.
.018
Tests the null hypothesis that the observed covariance matrices of the dependent variables are equal across groups.
a. Design: Intercept + A

a.   H0     : Matriks varian/kovarian dari variabel dependen yang sama
H1     : Matrik varian/kovarian dari variabel dependen yang tidak sama
b.   α        : 0,05
c.   Daerah kritis   : H0 ditolak jika P Value (Sig.) < 0,05
d.   Statistic Uji      : P Value (Sig.) = 0,018
e.   Kesimpulan     :
Karena nilai P Value (Sig.) 0,018 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa matriks varian/kovarian dari variabel dependen yang tidak sama.

3.   Uji Manova
Multivariate Testsc
Effect
Value
F
Hypothesis df
Error df
Sig.
Intercept
Pillai's Trace
.998
2.298E4a
2.000
86.000
.000
Wilks' Lambda
.002
2.298E4a
2.000
86.000
.000
Hotelling's Trace
534.349
2.298E4a
2.000
86.000
.000
Roy's Largest Root
534.349
2.298E4a
2.000
86.000
.000
A
Pillai's Trace
.656
21.221
4.000
174.000
.000
Wilks' Lambda
.351
29.566a
4.000
172.000
.000
Hotelling's Trace
1.828
38.852
4.000
170.000
.000
Roy's Largest Root
1.818
79.062b
2.000
87.000
.000
a. Exact statistic





b. The statistic is an upper bound on F that yields a lower bound on the significance level.
c. Design: Intercept + A






Tests of Between-Subjects Effects
Source
Dependent Variable
Type III Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Corrected Model
KINERJA GURU
1737.356a
2
868.678
44.479
.000
PROFESIONALISME GURU
3269.756b
2
1634.878
40.034
.000
Intercept
KINERJA GURU
334036.544
1
334036.544
1.710E4
.000
PROFESIONALISME GURU
1081971.378
1
1081971.378
2.649E4
.000
A
KINERJA GURU
1737.356
2
868.678
44.479
.000
PROFESIONALISME GURU
3269.756
2
1634.878
40.034
.000
Error
KINERJA GURU
1699.100
87
19.530


PROFESIONALISME GURU
3552.867
87
40.838


Total
KINERJA GURU
337473.000
90



PROFESIONALISME GURU
1088794.000
90



Corrected Total
KINERJA GURU
3436.456
89



PROFESIONALISME GURU
6822.622
89



a. R Squared = ,506 (Adjusted R Squared = ,494)




b. R Squared = ,479 (Adjusted R Squared = ,467)






Uji Hipotesis:
a.   H0 : Tidak terdapat perbedaan Kinerja Guru (Y1) dan Profesionalisme Guru (Y2) antara tipe kepemimpinan (A1) Permisif, (A2) Demokratis, (A3) Otoriter pada Sekolah Taman Dewasa Se Kodya Yogyakarta.
H1 : Terdapat perbedaan Kinerja Guru (Y1) dan Profesionalisme Guru (Y2) antara tipe kepemimpinan (A1) Permisif, (A2) Demokratis, (A3) Otoriter pada Sekolah Taman Dewasa Se Kodya Yogyakarta..
b.   α = 0,05
c.   Daerah kritis   : H0 ditolak jika P Value (Sig.) < 0,05
d.   Statistic Uji      : Dari tabel Multivariate Test didapat nilai P Value (Sig.) = 0,000
e.   Kesimpulan     :
Karena nilai P Value (Sig.) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan Kinerja Guru (Y1) dan Profesionalisme Guru (Y2) antara tipe kepemimpinan (A1) Permisif, (A2) Demokratis, (A3) Otoriter pada Sekolah Taman Dewasa Se Kodya Yogyakarta.

Selanjutnya untuk menguji hipotesis antara variabel Kinerja Guru (Y1) dengan variabel Tipe Kepemimpinan (A1) Permisif, (A2) Demokratis, (A3) Otoriter. Dan antara variabel Profesionalisme Guru (Y2) dengan Tipe Kepemimpinan (A1) Permisif, (A2) Demokratis, (A3) Otoriter. Maka data dapat diperoleh dari tabel Test Of Between-Subject Effect. Adapun hipotesis yang akan di uji adalah sebagai berikut:
1.   Ada Perbedaan yang Signifikan Kinerja Guru antara Tipe Kepemimpinan Demokratis, Permisif dan Otoriter
Tests of Between-Subjects Effects
Source
Dependent Variable
Type III Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Corrected Model
KINERJA GURU
1737.356a
2
868.678
44.479
.000
PROFESIONALISME GURU
3269.756b
2
1634.878
40.034
.000
Intercept
KINERJA GURU
334036.544
1
334036.544
1.710E4
.000
PROFESIONALISME GURU
1081971.378
1
1081971.378
2.649E4
.000
A
KINERJA GURU
1737.356
2
868.678
44.479
.000
PROFESIONALISME GURU
3269.756
2
1634.878
40.034
.000
Error
KINERJA GURU
1699.100
87
19.530


PROFESIONALISME GURU
3552.867
87
40.838


Total
KINERJA GURU
337473.000
90



PROFESIONALISME GURU
1088794.000
90



Corrected Total
KINERJA GURU
3436.456
89



PROFESIONALISME GURU
6822.622
89



a. R Squared = ,506 (Adjusted R Squared = ,494)




b. R Squared = ,479 (Adjusted R Squared = ,467)





Dari tabel di atas menunjukan bahwa hubungan antara Tipe Kepemimpinan (A) dengan kinerja guru (Y1) memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan kinerja guru yang diakibatkan oleh tipe kepemimpinan.

2.   Ada Perbedaan yang Signifikan Profesionalitas Guru antara Tipe Kepemimpinan Demokratis, Permisif dan Otoriter
Tests of Between-Subjects Effects
Source
Dependent Variable
Type III Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Corrected Model
KINERJA GURU
1737.356a
2
868.678
44.479
.000
PROFESIONALISME GURU
3269.756b
2
1634.878
40.034
.000
Intercept
KINERJA GURU
334036.544
1
334036.544
1.710E4
.000
PROFESIONALISME GURU
1081971.378
1
1081971.378
2.649E4
.000
A
KINERJA GURU
1737.356
2
868.678
44.479
.000
PROFESIONALISME GURU
3269.756
2
1634.878
40.034
.000
Error
KINERJA GURU
1699.100
87
19.530


PROFESIONALISME GURU
3552.867
87
40.838


Total
KINERJA GURU
337473.000
90



PROFESIONALISME GURU
1088794.000
90



Corrected Total
KINERJA GURU
3436.456
89



PROFESIONALISME GURU
6822.622
89



a. R Squared = ,506 (Adjusted R Squared = ,494)




b. R Squared = ,479 (Adjusted R Squared = ,467)





Dari tabel di atas menunjukan bahwa hubungan antara Tipe Kepemimpinan (A) dengan Profesionalisme Guru (Y2) memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan profesionalisme guru yang diakibatkan oleh tipe kepemimpinan.

3.   Kinerja Guru dengan Tipe Kepemimpnan Demokratis lebih baik dari Tipe Kepemimpinan Permisif dan Otoriter
Multiple Comparisons
Tukey HSD







Dependent Variable
(I) TIPE KEPEMIMPINAN
(J) TIPE KEPEMIMPINAN
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
KINERJA GURU
PERMISIF
DEMOKRATIS
-8.50*
1.141
.000
-11.22
-5.78
OTORITER
-9.97*
1.141
.000
-12.69
-7.25
DEMOKRATIS
PERMISIF
8.50*
1.141
.000
5.78
11.22
OTORITER
-1.47
1.141
.407
-4.19
1.25
OTORITER
PERMISIF
9.97*
1.141
.000
7.25
12.69
DEMOKRATIS
1.47
1.141
.407
-1.25
4.19
PROFESIONALISME GURU
PERMISIF
DEMOKRATIS
10.23*
1.650
.000
6.30
14.17
OTORITER
14.33*
1.650
.000
10.40
18.27
DEMOKRATIS
PERMISIF
-10.23*
1.650
.000
-14.17
-6.30
OTORITER
4.10*
1.650
.039
.17
8.03
OTORITER
PERMISIF
-14.33*
1.650
.000
-18.27
-10.40
DEMOKRATIS
-4.10*
1.650
.039
-8.03
-.17
Based on observed means.
 The error term is Mean Square(Error) = 40,838.





*. The mean difference is significant at the ,05 level.






Dari tabel di atas nilai P Value variabel kinerja guru dengan tipe kepemimpinan demokratis 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dengan tipe kepemimpinan demokratis tidak lebih baik dari tipe kepemimpinan permisif dan otoriter.

4.   Profesionalisme Guru dengan Tipe Kepemimpinan Demokratis lebih baik dari Tipe Kepemimpinan Permisif dan Otoriter
Multiple Comparisons
Tukey HSD







Dependent Variable
(I) TIPE KEPEMIMPINAN
(J) TIPE KEPEMIMPINAN
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
KINERJA GURU
PERMISIF
DEMOKRATIS
-8.50*
1.141
.000
-11.22
-5.78
OTORITER
-9.97*
1.141
.000
-12.69
-7.25
DEMOKRATIS
PERMISIF
8.50*
1.141
.000
5.78
11.22
OTORITER
-1.47
1.141
.407
-4.19
1.25
OTORITER
PERMISIF
9.97*
1.141
.000
7.25
12.69
DEMOKRATIS
1.47
1.141
.407
-1.25
4.19
PROFESIONALISME GURU
PERMISIF
DEMOKRATIS
10.23*
1.650
.000
6.30
14.17
OTORITER
14.33*
1.650
.000
10.40
18.27
DEMOKRATIS
PERMISIF
-10.23*
1.650
.000
-14.17
-6.30
OTORITER
4.10*
1.650
.039
.17
8.03
OTORITER
PERMISIF
-14.33*
1.650
.000
-18.27
-10.40
DEMOKRATIS
-4.10*
1.650
.039
-8.03
-.17
Based on observed means.
 The error term is Mean Square(Error) = 40,838.





*. The mean difference is significant at the ,05 level.






Dari tabel di atas nilai P Value variabel profesionalisme guru dengan tipe kepemimpinan demokratis 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru dengan tipe kepemimpinan demokratis tidak lebih baik dari tipe kepemimpinan permisif dan otoriter.

LK-KK J. Ped. KP 02 LEMBAR KERJA Kegiatan : Melakukan Evaluasi ...