Rabu, 22 Februari 2012

ABSTRAK



HUBUNGAN STATUS GIZI DAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI
DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI
SISWA KELAS ATAS SD NEGERI CUNGKUK
KECAMATAN TEMPEL TAHUN AJARAN
2010-2011


Oleh:
Krisna Fitriyanto
07601244140

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi  dan tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas atas SDN Cungkuk, kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survey dengan instrumen berupa tes dan pengukuran. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas atas SD N Cungkuk yang berjumlah 33 anak, dalam penelitian ini semua populasi diambil sebagai sampel sehingga disebut sebagai penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi berganda pada taraf signifikasi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara status gizi (X1) dan kebugaran jasmani (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Dari uji hipotesis diperoleh F hitung 5,623 > F tabel (3,32), dengan koefisien korelasi sebesar 0,522 > r tabel (0,344) pada taraf signifikan 5 %. Hasil tersebut menunjukan Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara status gizi dan kebugaran jasmani terhadap prestasi belajar. Sumbangan yang diberikan masing-masing variabel bebas yaitu variabel status gizi memberikan sumbangan efektif sebesar 23,64 %, variabel kebugaran jasmani memberikan sumbangan efektif sebesar 3,66 %, sedangkan sisanya sebanyak  72,7 % dipengaruhi faktor lain.   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LK-KK J. Ped. KP 02 LEMBAR KERJA Kegiatan : Melakukan Evaluasi ...