HUBUNGAN STATUS GIZI DAN TINGKAT
KESEGARAN JASMANI
DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI
SISWA KELAS ATAS SD NEGERI CUNGKUK
KECAMATAN TEMPEL TAHUN AJARAN
2010-2011
Oleh:
Krisna Fitriyanto
07601244140
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan tingkat kesegaran jasmani dengan hasil
belajar pendidikan jasmani siswa kelas atas SDN Cungkuk,
kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman.
Penelitian
ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survey dengan instrumen
berupa tes dan pengukuran. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas atas SD N
Cungkuk yang berjumlah 33 anak, dalam
penelitian ini semua populasi diambil sebagai sampel sehingga disebut sebagai
penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi berganda
pada taraf signifikasi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan
yang signifikan antara status gizi (X1) dan
kebugaran jasmani (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Dari uji hipotesis
diperoleh F hitung 5,623 > F tabel (3,32), dengan
koefisien korelasi sebesar 0,522 > r tabel
(0,344) pada
taraf signifikan 5 %. Hasil tersebut menunjukan Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara
status gizi dan kebugaran jasmani terhadap
prestasi belajar. Sumbangan yang diberikan masing-masing variabel
bebas yaitu variabel status gizi memberikan sumbangan efektif
sebesar 23,64 %, variabel kebugaran jasmani memberikan
sumbangan efektif sebesar 3,66 %, sedangkan sisanya sebanyak 72,7 % dipengaruhi faktor lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar