Selasa, 14 November 2017



Text Box: LK-KK.G Ped. KP 1.1 

LEMBAR KERJA

Kegiatan                    : Memahami  Perangkat TIK  Dalam Pembelajaran
Bahan                        : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan                     : Peserta Dapat Mengidentifikasi Perangkat Keras Dan Lunak (Hardware Dan Software)  TIK Dalam Pembelajaran

Skenario Kegiatan :
1.    Cermati Dan Telaah Materi  Modul KP 1 TIK Dalam Pembelajaran
2.    Amati Setiap Gambar Perangkat TIK Dalam  Modul
3.    Sebutkan dan Jelaskan Fungsi Dari Masing-Masing Gambar Dibawah Ini



Description: http://reader14.docslide.net/store14/html5/322015/557201d44979599169a2691d/bg2.png

NO
NAMA PERANGKAT
FUNGSI
KETERANGAN
1
MODEM
berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju.
Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet.
Description: IMG_256
2
WIRELESS ROUTER
Fungsi router adalah menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya.
Description: IMG_256
3
SWITCH
Secara garis besar fungsi switch adalah sebagai penghubung antar beberapa perangkat pada jaringan komputer seperti modem, komputer, router dan lain-lain. Switch sebagai perangkat telekomunikasi yang menerima pesan dari perangkat yang terhubung dengannya dan kemudian mengirimkan pesan hanya untuk perangkat yang pesan dimaksud atau sebagai sentral/konsentrator pada sebuah network.
Description: IMG_256
4
PC KOMPUTER
untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna).
Description: pc
5
WAIRLESS
·  Pemakai tidak memiliki batas ruang gerak pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WiFi.
·  Jarak pada sistem WiFi dapat menjangkau sampai area 100 feet atau 30 m radius. Selain itu sistem WiFi dapat diperkuat dengan peralatan khusus misalnya booster yang difungsikan sebagai relay dan mampu menjangkau jarak yang lebih luas.
·  Perangkat wireless sebagai WiFi dapat digunakan dengan mudah dengan biaya pemasangan yang cukup murah
·  Area jangkauan lebih fleksibel karena tidak dibatasi oleh jaringan distribusi, tidak seperti saat menggunakan kabel UTP dan fiber optic.
·  Wireless memberikan kemungkinan untuk LAN yang dapat dipasang tanpa kabel, sehingga bisa mengurangi biaya pemasangan sekaligus perluasan jaringan.
·  Wireless Access Point (WAP) memiliki fungsi untuk mengatur lalu lintas data, sehingga memberikan kemungkinan bagi banyak pelanggan untuk saling tehubung melalui satu jaringan.


Description: IMG_256
6
LAPTOP
Laptop memiliki fungsi yang sama dengan Komputer Desktop meskipun dengan kemampuan yang lebih rendah. Komponen yang terdapat didalamnya adalah sama dengan yang terdapat pada Komputer Desktop dengan ukuran yang diperkecil, lebih ringan, tidak panas dan irit listrik. Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada Laptop juga dilengkapi dengan touchpad atau dikenal juga sebagai trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor mouse. Keyboard dan Mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB.





Description: IMG_256



Text Box: LK-KK.G Ped. KP 1.2 

LEMBAR KERJA

Kegiatan                    : Memahami dan Mengidentifikasi Perangkat TIK  Dalam Pembelajaran
Bahan                        : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan                     : Peserta Dapat  Memanfaatkan Perangkat TIK dalam Pembelajaran

Skenario Kegiatan :
1.    Cermati Dan Telaah Materi  Modul KP 1 TIK Dalam Pembelajaran
2.    Amati Setiap Gambar Perangkat TIK Dalam  Modul
3.    Pahami Fungsi dari Masing-masing Perangkat TIK
4.    Pilihlah satu materi dalam pembelajaran PJOK dan Buatlah Presentasi dalam Bentuk Bahan Tayang 


Rounded Rectangle: NAMA : KRISNA FITRIYANTO
UNIT KERJA : SD N CUNGKUK
 


 

 
 
  
 
 

 
 
Text Box: LK-KK.G Pro. KP 1.1 

LEMBAR KERJA

Kegiatan                    : Memahami dan Mengidentifikasi Ilmu Urai Tulang
Bahan                        : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan                     : Peserta Dapat Menguraikan Ilmu Urai Tulang, Secara Terperinci.


Skenario Kegiatan
1.    Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional KP 1 Tentang Pengetahuan Ilmu Urai Untuk Pengembangan Sikap Peserta Didik
2.    Cermati Setiap Gambar Dan Keterangan Dalam Anatomi Tubuh Manusia
3.    Identifikasi Dan Jelaskan Fungsi  Bagian-Bagian Dari Ilmu Urai Tulang Dibawah Ini !

NO
NAMA TULANG
BAGIAN TULANG
FUNGSI TULANG
1
 Tulang Pendek

1. Tulang pergelangan tangan
membentuk pergelangan tangan yang fleksibel sehingga pergelangan tangan dapat digerakkan ke segala arah.  
2. Tulang pergelangan kaki
- Untuk memungkinkan gerak naik turun kaki, karena adanya sendi engsel
- Untuk melangkah dan dapat berjalan dengancara yang nyaman dan seefisien mungkin.
3. Ruas-ruas tulang belakang
- Menahan kepela dan alat-alat tubuh yang lain.
- Melindungi alat halus yang ada didalamnya (sum-sum belakang).
- Tempat melekatnya tulang iga dan tulang pinggul.
- Menentukan sikap tubuh.
2
Tulang Pipih

1 tulang belikat
- Menstabilkan Sendi Bahu
- Sebagai Penghubung Otot
- Sebagai Penghubung tulang lengan atas dan tulang selangka
- Pelindung Bahu
2 tulang dada
Fungsi tulang dada adalah untuk menjaga organ tubuh seperti lambung, ginjal dan juga limpa karena tulang rusuk berbentuk keras dan juga padat. Apabila suatu saat kita terkena benda keras atau benturan – benturan tepat dibagian organ – organ tersebut. Maka yang melindunginya adalah tulang rusuk atau tulang dada.
3 tulang rusuk
Menjaga bagian tubuh atau organ – organ penting yang ada pada tubuh kita terutama organ yang ada pada bagian dada seperti jantung dan juga paru – paru.
Tulang rusuk juga membantu pernapasan kita. Tanpa tulang rusuk kita tidak akan bisa bernafas dengan lancar dan juga tanpa tulang rusuk tidak ada juga pelindung untuk organ penting yang ada pada tubuh kita. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan tulang rusuk kita. Jangan sampai fungsi tulang rusuk tersebut menjadi hilang
3
 Tulang Pipa
1 tulang paha
fungsi tulang paha ,
1) sebagai  tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya,
2) merupakan tulang terbesar dan tulang terkuat dalam tubuh  
3) sebagai penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut
4) bersama lutut , tulang paha dapat membuat sendi condilar
2 tulang lengan atas
Adapun fungsi dari tulang lengan atas adalah sebagai tempat menempel otot utama yang menggerakkan bahu dan siku,
Ada beberapa otot yang menempel pada tulang humerus, termasuk pektoralis primer dan deltoid, yang membuatnya menjadi tulang penting untuk lengan dan gerakan bahu.
Otot khusus rotator cuff melekati bagian atas humerus dan dapat melakukan rotasi serta abduksi pada bahu.
3 tulang hasta
untuk mendukung lengan bawah dan memungkinkan untuk bergerak.
4
Tulang Rawan

1 Tulang rawan hialin
untuk membentuk sebagian rangka embrional, untuk pergerakan persendian, pertumbuhan tulang panjang, dan juga berperan untuk memperkuat saluran pernapasan
2 Tulang rawan elastis
Memberikan keseimbangan yang sempurna dari struktur dan fleksibilitasnya serta membantu menjaga struktur tubular terbuka.
3 Tulang rawan fibrosa
sebagai penyokong dan proteksi.
5
Tulang Keras

1 tulang paha
1)      sebagai  tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya,
2)      merupakan tulang terbesar dan tulang terkuat dalam tubuh ,
3)       sebagai penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut 
4)      bersama lutut , tulang paha dapat membuat sendi condilar
2 tulang lengan
Untuk melakukan gerakan dimana sebagian besar pekerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai
3 tulang betis
untuk menopang berat tubuh dan juga untuk mengatur gerak tubuh ketika berjalan
6
 Tulang Anggota Gerak

1  tulang pengumpil
sebagai anggota alat gerak bagian atas yang akan menghubungkan bagian siku dengan ibu jari atau jempol.
2 tulang lengan atas
Adapun fungsi dari tulang lengan atas adalah sebagai tempat menempel otot utama yang menggerakkan bahu dan siku,
Ada beberapa otot yang menempel pada tulang humerus, termasuk pektoralis primer dan deltoid, yang membuatnya menjadi tulang penting untuk lengan dan gerakan bahu.
Otot khusus rotator cuff melekati bagian atas humerus dan dapat melakukan rotasi serta abduksi pada bahu.
3 tulang kering
sebagai penghubung lutut ke pergelangan kaki. Selain itu fungsinya adalah membentuk bagian dari kerangka kaki bagian bawah dan tulang ini sebagai pikulan terberat pada tubuh agar dapat tetap berdiri.




Text Box: LK-KK.G Pro. KP 1.2 

LEMBAR KERJA

Kegiatan                    : Memahami dan Mengidentifikasi Ilmu urai Otot
Bahan                        : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan                     : Peserta Dapat Menguraikan Ilmu Urai Tubuh, Secara Terperinci.

Skenario Kegiatan
1.    Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional KP 1 Tentang Pengetahuan Ilmu Urai Untuk Pengembangan Sikap Peserta Didik
2.    Cermati Setiap Gambar Dan Keterangan Dalam Anatomi Tubuh Manusia
3.    Identifikasi Dan Jelaskan Fungsi  Bagian-Bagian Dari Ilmu Urai Tubuh Dibawah Ini !
NO.
BAGIAN OTOT
NAMA-NAMA  OTOT
FUNGSI OTOT
1


Bahu/ Shoulders
1 Otot Deltoid
untuk memutar dan mengangkat lengan
2 Otot Trapezius
untuk mengangkat rangka bahu. Otot ini sangat berpengaruh dalam pose Most Muscular.
3

2

Punggung/Back
1 Otot Latissimus Dorsi
otot terbesar di bagian tubuh atas manusia yang berfungsi untuk menarik bahu ke belakang dan ke bawah. Apabila otot ini dilatih dengan baik, akan menciptakan efek V-Shape dimana masing-masing sisi tubuh terlihat seperti mempunyai sayap.
2 Otot-otot punggung atas (upper back)
merupakan kumpulan otot-otot yang sangat kompleks dan saling bertindihan. Otot-otot ini berfungsi sebagai penggerak bahu (rotator cuff) dan menjaga tubuh supaya tegak.
3 Otot-otot punggung bawah (lower back)
merupakan kumpulan otot-otot di punggung sebelah bawah yang bertugas untuk menegakkan tubuh. Apabila otot ini dilatih dengan baik, maka punggung bawah anda akan terlihat seperti pohon natal. Otot-otot ini adalah termasuk otot yang paling lambat pulih dari latihan
3
Perut/ Abdominal
1 Otot Rectus Abdominis
yakni otot yang membentang sepanjang perut. Fungsinya untuk menekuk tubuh. Penampakan otot ini menjadi indikasi kebugaran tubuh karena otot ini hanya terlihat jika kandungan lemak tubuh di bawah 15%. Di dunia fitness, muncul istilah populer Six Packs, yang menunjukkan otot perut yang terbentuk atas 6 bagian yang  menyerupai papan cucian (washboard). Namun demikian bentuk otot perut ini tidak sama untuk setiap orang. Apakah anda nantinya memiliki Six Packs, Five Packs atau Four Packs tergantung kepada genetika anda. Tapi kalau One Packs, itu nama lain dari perut yang membulat karena gendut.
2 Otot External Obliques
yakni otot kecil di sisi perut yang berfungsi untuk memutar dan menekuk tubuh. Otot ini sebaiknya tidak perlu diberi latihan tambahan karena jika ia membesar, otomatis ukuran pinggang anda akan membesar dan ini akan merusak efek V-Shape yang anda cari.
3

4
Lengan / Arm
1 Otot Biceps
yakni otot lengan atas yang berfungsi untuk menekuk lengan. Otot ini adalah otot yang paling digemari dan diimpikan. Ketika seseorang diminta untuk menunjukkan ototnya, maka ia tidak menunjukkan otot dada atau otot pahanya, tetapi yang pertama kali ia lakukan adalah menunjukkan otot Biceps ini. Otot Biceps mempunyai dua kepala, pendek dan panjang. Selain itu ada juga yang namanya Brachialis, yakni otot kecil yang terletak di sebelah luar.
2 Otot Triceps
yakni otot lengan atas yang berfungsi untuk meluruskan lengan. Karena letaknya menghadap belakang, maka otot ini sering tidak diperhatikan. Padahal otot ini menyumbang 2/3 dari keseluruhan otot lengan atas. Oleh sebab itu jika anda ingin memiliki lengan yang besar, maka utamakanlah otot Triceps. Otot yang terdiri atas tiga kepala ini jika dilatih dengan baik akan menyerupai seperti sepatu kuda (horseshoe).
3Otot-otot lengan bawah (forearms)
yakni terdiri atas beberapa otot kecil yang kompleks yang bertugas untuk memutar dan menggerakkan tangan.
5
Kaki/ Leg
1 Otot archiles tendon
untuk menggerakan telapak kaki.
2 Otot peroneus
melengkungkan kaki
3 Otot tibialis anterior
berfungsi untuk mengangkat kaki












Text Box: LK-KK.G Pro. KP 1.3 

LEMBAR KERJA

Kegiatan                    : Memahami dan Mengidentifikasi Ilmu Urai Persendian
Bahan                        : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan                     : Peserta Dapat Menguraikan Ilmu Urai Persendian, Secara Terperinci.


Skenario Kegiatan
1.    Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional KP 1 Tentang Pengetahuan Ilmu Urai Untuk Pengembangan Sikap Peserta Didik
2.    Cermati Setiap Gambar Dan Keterangan Dalam Anatomi Tubuh Manusia
3.    Identifikasi Jenis Dan Jelaskan Posisi atau Letak dan Arah Gerakan  Dari Ilmu Urai Persendian Dibawah ini !
NO.
NAMA SENDI
JENIS / ARAH GERAKAN
POSISI ATAU LETAK
1
SENDI ENGSEL
Antartulang yang memungkinkan  gerakan Satu Arah Maju Atau Mundur.
Persendian pada siku, lutut, dan persendian antararuas jari tangan.
2
SENDI PELANA
Antartulang yang memungkinkan gerakan tulang ke dua arah yang saling tegak lurus seperti gerakan orang naik kuda.
Contoh sendi pelana adalah persendian tulang tumit dan tulang kering. 
3
SENDI PELURU
Hubungan antar tulang yang memungkinkan gerak ke segala arah.
Sendi peluru adalah persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul serta antara persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu. 
4
SENDI PUTAR
Hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu mengelilingi tulang lainnya sebagai poros.
Contoh sendi putar adalah persendian tulang tengkorak dan tulang atlas serta persendian tulang hasta dan tulang pengumpul.




Text Box: LK-KK.G Pro. KP 2.1 

LEMBAR KERJA

Kegiatan                    : Memahami dan Menguraiakan Sistem Ekskresi Manusia
Bahan                        : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan                     : Peserta Dapat  Menguraikan Sistem Ekskresi  dan Sekresi Secara Terperinci.

Skenario Kegiatan
1.    Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional KP 2 Tentang Ilmu Faal Tubuh
2.    Cermati Setiap Gambar Dan Keterangan Dalam Anatomi Tubuh Manusia
3.    Rounded Rectangle: 6Rounded Rectangle: 5Rounded Rectangle: 4Rounded Rectangle: 3Oval: 2Text Box: 1 Jelaskan dan Uraikan Fungsi Dari Organ-Organ Tubuh  Dibawah ini ! Description: Hasil gambar untuk organ sekresi
NO
NAMA ORGAN TUBUH
FUNGSI
1
Paru-Paru
Paru-paru ini mempunyai fungsi utama sebagai alat pernapasan yaitu sebagai tempat terjadinya pertukaran gas CO2 (Karbon dioksida) dan O2 (Oksigen). Paru-paru juga berperan mengekskresikan zat sisa metabolisme sehingga organ ini juga berperan sebagai alat ekskresi. Dalam sistem ekskresi paru-paru berfungsi mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O). Karbon dioksida dan uap air berdifusi di dalam alveolus, lalu dikeluarkan melalui lubang hidung.
2
Kulit
Sebagai alat ekskresi adalah sebegai organ penerima rangsangan, pelindung terhadap kerusakan fisik, penyinaran, dan bibit penyakit, serta untuk pengaturan suhu tubuh. Pada suhu lingkungan tinggi (panas), kelenjar keringat menjadi aktif dan pembuluh kapiler di kulit melebar.
3
Ginjal
Fungsi Ginjal adalah sebagai berikut.
1.    Menjaga keseimbangan air dalam tubuh dengan mengatur volume plasma darah dan volume air.
2.    Membuang sisa metabolisme, misal urea, asam urat, kreatinin, kreatin, obat-obatan, dan zat lain yang bersifat racun.
3.    Menjaga asam basa cairan darah.
4.    Mengatur kandungan elektrolit dengan menyaring zat-zat kimia yang masih berguna bagi tubuh ( natrium, fosfor, dan kalium) dan mengembalikannya ke saluran peredaran darah.

4
Ureter
Menghantarkan urin dari ginjal menuju kandung kemih
5
Kandung kemih
  1. Menyimpan urine untuk sementara sebelum dikeluarkan.
  2. Mencegah tekanan di dalam kandung kemih meningkat ketika urine bertambah, sehingga bisa menyimpan urine lebih banyak.
  3. Memberikan sinyal melalui impuls jika kandung kemih sudah penuh. Hal itu menimbulkan rasa ingin buang air kecil.
  4. Menjaga supaya urine tidak keluar sendiri saat kandung kemih penuh. Manusia bisa menahan rasa ingin buang air kecil antara 2-5 jam.
  5. Membantu proses buang air kecil dengan cara melakukan kontraksi otot.

6
Uretra
Sebagai saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual. Pada pria, berfungsi juga dalam sistem reproduksi sebagai saluran pengeluaran air mani.




Text Box: LK-KK.G Pro. KP 3.1 

LEMBAR KERJA

Kegiatan                     : Mengimplementasikan Sosiologi Olahrga Dalam Pembelajaran PJOK.
Bahan                        : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan        : Peserta Dapat  Menguraikan Konsep, Mengecek Gejala Dan  Mengimplementasikan Sosiologi Olahrga Dalam Pembelajaran PJOK.

Skenario Kegiatan
1.    Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional KP 3 Tentang Konsep Sosiologi Olahraga
2.    Cermati Bahan Bacaan Dibawah Ini
3.    Berikan Contoh Kasus Dalam Sosiologi Olahraga Dan Bagaimana Solusinya
IDENTIFIKASI KASUS
Sosiologi olahraga merupakan ilmu terapan, yaitu kajian sosiologis pada masalah keolahragaan. Proses sosial dalam olahraga menghasilkan karakteristik perilaku dalam bersaing dan kerjasama membangun suatu permainan yang dinaungi oleh nilai, norma, dan pranata yang sudah melembaga. Kelompok sosial dalam olahraga mempelajari adanya tipe-tipe perilaku anggotannya dalam mencapai tujuan bersama, kelompok sosial biasanya terwadahi dalam lembaga sosial, yaitu organisasi sosial dan pranata. Beragam pranata yang ada ternyata terkait dengan fenomena olahraga.
Berdasarkan pengertian diatas buatlah Dua (2) contoh kasus yang terjadi dalam olahraga yang berkaitan dengan sosiologi dan bagaimana pemecahanya !

NO
KASUS

SOLUSI
1
Status dan peranan sosial bagi wanita dalam olahraga
Dapat dilakukan lebih bijak melalui pertimbangan kesesuaian antara apa yang mampu dilakukannya dengan pemberian hak dan kewajiban serta kesesuaian memberikan harapan-harapan bukan dalam bentuk tuntutan. Mitos yang keliru sudah seharusnya dibuang. Perbedaan persepsi tidak harus semakin menyudutkan status dan peranan wanita dalam olahraga melainkan sebagai pengayaan untuk mencari solusi dalam memberikan kesempatan yang lebih luas untuk menumbuhkembangkan seluruh potensi serta untuk terus mengejar ketertinggalan dari kaum pria, dan kemajuan kaum wanita di negara lain. Diharapkan dengan emansipasi wanita yang dipelopori oleh R.A. Ajeng Kartini, wanita akan lebih dapat menselaraskan dengan kaum pria dalam kedudukan serta skill (keahlian) dan ability (kecakapan) dibidang olahraga.
2
Agresifitas Atlet maupun peserta didik dalam olahraga
Partisipasi dan berolahraga sejak usia muda memberikan kebiasaan disiplin, yang mendasari hidup bermasyarakat.
Usaha prefentif terhadap tingkah laku agresif peserta didik dan atlet dilakukan dengan dua cara:
1.    Umum: Melalui jalur pendidikan moral formal dan informal mengembangkan nilai dan norma. Menciptakan suasana pendidikan di sekolah yang menyenangkan, membahagiakan dan memuaskan. Menerapkan bimbingan dan penyuluhan disekolah agar frustasi bisa diatasi dengan baik, siswa remaja menjadi remaja yang wajar, orang dewasa bisa mengendalikan diri dan tingkah lakunya.
2.    Khusus: melalui pembinaan atlet, khususnya kepribadian atlet. Atlet perlu mengalami internalisasi peraturan cabang olahraga yang ditekuni. Peraturan harus mendarah daging pada atlet. Atlet harus memperoleh dan memiliki norma, sistim nilai yang mulia dan kuat, mendasari tingkah laku. Hal ini diperolehnya melalui bimbingan dan penyuluhan pembinaan mental secara individual.




Text Box: LK-KK.G Pro. KP 4.1 

LEMBAR KERJA

Kegiatan                     : Menjelaskan Tahap Belajar Gerak, Mengidentifikasi Kesalahan Gerak   Dan Memberikan Umpan Balik.
Bahan                         : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan                 : Peserta Dapat  Menjelaskan Tahap Belajar Gerak, Mengidentifikasi    Kesalahan Gerak   Dan Memberikan Umpan Balik.Dalam Pembelajaran PJOK Secara Terperinci

Skenario Kegiatan
1.      Cermatilah kasus pembelajaran Dibawah ini.
2.      Tentukan termasuk fase atau tahapan apakah kasus pembelajaran Tersebut
3.      Identifikasilah kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik.
4.      Berikan contoh feedback atau umpan balik supaya semua peserta didik bisa melakukan gerakan dengan teknik yang benar


STUDI KASUS

Dalam pembelajaran aktivitas senam berguling ke depan, tehnik dasar harus disampaikan diawal dan benar-benar bisa dipahamin oleh seluruh pesertaa didik, supaya mereka bisa melakukan dengan sempurna sesuai teknik dasar. Dalam praktek pelaksanaanya dari 30 siswa sd kelas IV terdapat 6 peserta didik putra dan 9 peserta didik putri yang melakukan dengan tidak sempurna, kesalahan mereka beragam ada yang bertumpu dengan tangan tidak lurus, perkenaan bukan pada dahi, jatuhnya kesamping, dan berakhir dengan duduk kaki lurus, bahkan ada yang tidak bisa berguling kedepan atau kembali lagi ke posisi semula. dari kejadian ini maka guru memutuskan untuk melanjutkan materi senam ini minggu berikutnya karena masih bayak yang belum memahami.

NO

FASE GERAKAN DASAR

KESALAHAN GERAK
FEED BACK
1
Gerakan Awal
Siswa jongkok posisi kaki jinjit berada diujung matras tangan di depan lurus jari-jari rapat
bertumpu dengan tangan tidak lurus,
-          Pandangan harus fokus ke matras tempat kedua tangan bertumpu
-          Saat mengangkat pinggul kedua kaki harus lurus
-          Dagu harus menempel pada pangkal leher
2
Gerak Pelaksanaan
Kedua Tangan diletakkan pada matras selebar bahu pelan-pelan dagu nempel pada dada melihat pusar,kaki diangkat pelan-pelan sambil mendorong tubuh ke depan
perkenaan bukan pada dahi
-          Posisi pantat harus lebih tinggi dari bahu.
-          Antara badan dan anggota badan lainya harus menyerupai bulatan
-          Bahu harus menempel pada matras
-          Badan harus mengguling ke depan
3
Gerakan Akhir
Sehinnga posisi ahir seperti sikap awal sebelum melakukan roll depan
jatuhnya kesamping, dan berakhir dengan duduk kaki lurus, bahkan ada yang tidak bisa berguling kedepan atau kembali lagi ke posisi semula.
-          Pada sikap akhiran badan harus dalam posisi jongkok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LK-KK J. Ped. KP 02 LEMBAR KERJA Kegiatan : Melakukan Evaluasi ...