LEMBAR KERJA
Kegiatan : Memahami Perangkat TIK
Dalam Pembelajaran
Bahan : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai
Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan : Peserta Dapat
Mengidentifikasi Perangkat Keras Dan Lunak (Hardware Dan Software) TIK Dalam Pembelajaran
Skenario Kegiatan :
1. Cermati Dan Telaah Materi Modul KP 1 TIK Dalam Pembelajaran
2. Amati Setiap Gambar Perangkat TIK
Dalam Modul
3.
Sebutkan dan Jelaskan Fungsi Dari
Masing-Masing Gambar Dibawah Ini
NO
|
NAMA
PERANGKAT
|
FUNGSI
|
KETERANGAN
|
1
|
MODEM
|
berfungsi untuk komunikasi dua arah yang
merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk
mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju.
Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet. |
|
2
|
WIRELESS ROUTER
|
Fungsi router adalah menghubungkan 2 jaringan
atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan
lainnya.
|
|
3
|
SWITCH
|
Secara garis besar fungsi switch adalah
sebagai penghubung antar beberapa perangkat pada jaringan komputer seperti
modem, komputer, router dan lain-lain. Switch sebagai perangkat
telekomunikasi yang menerima pesan dari perangkat yang terhubung dengannya
dan kemudian mengirimkan pesan hanya untuk perangkat yang pesan dimaksud atau
sebagai sentral/konsentrator pada sebuah network.
|
|
4
|
PC KOMPUTER
|
untuk mengolah data input dan menghasilkan
output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna).
|
|
5
|
WAIRLESS
|
· Pemakai tidak
memiliki batas ruang gerak pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar
WiFi.
· Jarak pada sistem
WiFi dapat menjangkau sampai area 100 feet atau 30 m radius. Selain itu
sistem WiFi dapat diperkuat dengan peralatan khusus misalnya booster yang difungsikan
sebagai relay dan mampu menjangkau jarak yang lebih luas.
· Perangkat wireless
sebagai WiFi dapat digunakan dengan mudah dengan biaya pemasangan yang cukup
murah
· Area jangkauan
lebih fleksibel karena tidak dibatasi oleh jaringan distribusi, tidak seperti
saat menggunakan kabel UTP dan fiber optic.
· Wireless memberikan
kemungkinan untuk LAN yang dapat dipasang tanpa kabel, sehingga bisa
mengurangi biaya pemasangan sekaligus perluasan jaringan.
· Wireless Access
Point (WAP) memiliki fungsi untuk mengatur lalu lintas data, sehingga
memberikan kemungkinan bagi banyak pelanggan untuk saling tehubung melalui
satu jaringan.
|
|
6
|
LAPTOP
|
Laptop memiliki fungsi yang sama dengan
Komputer Desktop meskipun dengan kemampuan yang lebih rendah. Komponen yang
terdapat didalamnya adalah sama dengan yang terdapat pada Komputer Desktop
dengan ukuran yang diperkecil, lebih ringan, tidak panas dan irit listrik.
Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10
inci hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu,
keyboard yang terdapat pada Laptop juga dilengkapi dengan touchpad atau
dikenal juga sebagai trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor mouse.
Keyboard dan Mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB.
|
|
LEMBAR KERJA
Kegiatan : Memahami dan
Mengidentifikasi Perangkat TIK Dalam
Pembelajaran
Bahan : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai
Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan : Peserta Dapat Memanfaatkan Perangkat TIK dalam Pembelajaran
Skenario Kegiatan :
1. Cermati Dan Telaah Materi Modul KP 1 TIK Dalam Pembelajaran
2. Amati Setiap Gambar Perangkat TIK
Dalam Modul
3. Pahami Fungsi dari Masing-masing
Perangkat TIK
4. Pilihlah satu materi dalam
pembelajaran PJOK dan Buatlah Presentasi dalam Bentuk Bahan Tayang
LEMBAR KERJA
Kegiatan : Memahami dan
Mengidentifikasi Ilmu Urai Tulang
Bahan : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai
Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan
: Peserta Dapat Menguraikan Ilmu Urai Tulang,
Secara Terperinci.
Skenario
Kegiatan
1.
Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional
KP 1 Tentang Pengetahuan Ilmu Urai Untuk Pengembangan Sikap Peserta Didik
2.
Cermati Setiap Gambar Dan Keterangan Dalam
Anatomi Tubuh Manusia
3.
Identifikasi Dan Jelaskan Fungsi Bagian-Bagian Dari Ilmu Urai Tulang Dibawah
Ini !
NO
|
NAMA TULANG
|
BAGIAN TULANG
|
FUNGSI TULANG
|
1
|
Tulang Pendek
|
1. Tulang pergelangan
tangan
|
membentuk pergelangan
tangan yang fleksibel sehingga pergelangan tangan dapat digerakkan ke segala
arah.
|
2. Tulang pergelangan kaki
|
- Untuk memungkinkan
gerak naik turun kaki, karena adanya sendi engsel
- Untuk melangkah dan dapat berjalan dengancara yang nyaman dan seefisien mungkin. |
||
3. Ruas-ruas tulang belakang
|
-
Menahan kepela dan alat-alat tubuh yang lain.
-
Melindungi alat halus yang ada didalamnya (sum-sum belakang).
-
Tempat melekatnya tulang iga dan tulang pinggul.
-
Menentukan sikap tubuh.
|
||
2
|
Tulang
Pipih
|
1 tulang belikat
|
- Menstabilkan Sendi Bahu
- Sebagai Penghubung Otot - Sebagai Penghubung tulang lengan atas dan tulang selangka - Pelindung Bahu |
2 tulang dada
|
Fungsi tulang dada adalah untuk menjaga organ tubuh
seperti lambung, ginjal dan juga limpa karena tulang rusuk berbentuk keras
dan juga padat. Apabila suatu saat kita terkena benda keras atau benturan –
benturan tepat dibagian organ – organ tersebut. Maka yang melindunginya
adalah tulang rusuk atau tulang dada.
|
||
3 tulang rusuk
|
Menjaga bagian tubuh atau
organ – organ penting yang ada pada tubuh kita terutama organ yang ada pada
bagian dada seperti jantung dan juga paru – paru.
Tulang rusuk juga membantu
pernapasan kita. Tanpa tulang rusuk kita tidak akan bisa bernafas dengan
lancar dan juga tanpa tulang rusuk tidak ada juga pelindung untuk organ
penting yang ada pada tubuh kita. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan
tulang rusuk kita. Jangan sampai fungsi tulang rusuk tersebut menjadi hilang
|
||
3
|
Tulang Pipa
|
1 tulang paha
|
fungsi tulang paha ,
1) sebagai tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya, 2) merupakan tulang terbesar dan tulang terkuat dalam tubuh 3) sebagai penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut 4) bersama lutut , tulang paha dapat membuat sendi condilar |
2 tulang lengan atas
|
Adapun fungsi dari tulang
lengan atas adalah sebagai tempat menempel otot utama yang menggerakkan
bahu dan siku,
Ada beberapa otot yang menempel pada tulang humerus, termasuk pektoralis primer dan deltoid, yang membuatnya menjadi tulang penting untuk lengan dan gerakan bahu. Otot khusus rotator cuff melekati bagian atas humerus dan dapat melakukan rotasi serta abduksi pada bahu. |
||
3 tulang hasta
|
untuk mendukung lengan bawah dan memungkinkan untuk
bergerak.
|
||
4
|
Tulang
Rawan
|
1 Tulang rawan hialin
|
untuk membentuk sebagian rangka embrional, untuk
pergerakan persendian, pertumbuhan tulang panjang, dan juga berperan untuk
memperkuat saluran pernapasan
|
2 Tulang rawan elastis
|
Memberikan keseimbangan
yang sempurna dari struktur dan fleksibilitasnya serta membantu menjaga
struktur tubular terbuka.
|
||
3 Tulang rawan fibrosa
|
sebagai penyokong dan
proteksi.
|
||
5
|
Tulang
Keras
|
1 tulang paha
|
1) sebagai tempat produksi sel
darah merah pada sumsum tulangnya,
2) merupakan tulang terbesar dan tulang
terkuat dalam tubuh ,
3) sebagai penghubung tubuh bagian pinggul dan
lutut
4) bersama lutut , tulang paha dapat membuat
sendi condilar
|
2 tulang lengan
|
Untuk melakukan gerakan dimana sebagian besar pekerjaan
dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai
|
||
3 tulang betis
|
untuk menopang berat tubuh dan juga untuk mengatur
gerak tubuh ketika berjalan
|
||
6
|
Tulang Anggota Gerak
|
1 tulang pengumpil
|
sebagai anggota alat gerak
bagian atas yang akan menghubungkan bagian siku dengan ibu jari atau jempol.
|
2 tulang lengan atas
|
Adapun
fungsi dari tulang lengan atas adalah sebagai tempat menempel otot utama
yang menggerakkan bahu dan siku,
Ada beberapa otot yang menempel pada tulang humerus, termasuk pektoralis primer dan deltoid, yang membuatnya menjadi tulang penting untuk lengan dan gerakan bahu. Otot khusus rotator cuff melekati bagian atas humerus dan dapat melakukan rotasi serta abduksi pada bahu. |
||
3 tulang
kering
|
sebagai penghubung lutut
ke pergelangan kaki. Selain itu fungsinya adalah membentuk bagian dari
kerangka kaki bagian bawah dan tulang ini sebagai pikulan terberat pada tubuh
agar dapat tetap berdiri.
|
LEMBAR KERJA
Kegiatan : Memahami dan
Mengidentifikasi Ilmu urai Otot
Bahan : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai
Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan
: Peserta Dapat Menguraikan Ilmu Urai Tubuh,
Secara Terperinci.
Skenario
Kegiatan
1.
Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional
KP 1 Tentang Pengetahuan Ilmu Urai Untuk Pengembangan Sikap Peserta Didik
2.
Cermati Setiap Gambar Dan Keterangan Dalam
Anatomi Tubuh Manusia
3.
Identifikasi Dan Jelaskan Fungsi Bagian-Bagian Dari Ilmu Urai Tubuh Dibawah
Ini !
NO.
|
BAGIAN OTOT
|
NAMA-NAMA OTOT
|
FUNGSI OTOT
|
1
|
Bahu/
Shoulders
|
1
Otot Deltoid
|
untuk
memutar dan mengangkat lengan
|
2
Otot Trapezius
|
untuk
mengangkat rangka bahu. Otot ini sangat berpengaruh dalam pose Most Muscular.
|
||
3
|
|
||
2
|
Punggung/Back
|
1 Otot Latissimus
Dorsi
|
otot terbesar di
bagian tubuh atas manusia yang berfungsi untuk menarik bahu ke belakang dan
ke bawah. Apabila otot ini dilatih dengan baik, akan menciptakan efek V-Shape
dimana masing-masing sisi tubuh terlihat seperti mempunyai sayap.
|
2 Otot-otot
punggung atas (upper back)
|
merupakan kumpulan
otot-otot yang sangat kompleks dan saling bertindihan. Otot-otot ini
berfungsi sebagai penggerak bahu (rotator cuff) dan menjaga tubuh supaya
tegak.
|
||
3 Otot-otot
punggung bawah (lower back)
|
merupakan kumpulan
otot-otot di punggung sebelah bawah yang bertugas untuk menegakkan tubuh.
Apabila otot ini dilatih dengan baik, maka punggung bawah anda akan terlihat
seperti pohon natal. Otot-otot ini adalah termasuk otot yang paling lambat
pulih dari latihan
|
||
3
|
Perut/
Abdominal
|
1
Otot Rectus
Abdominis
|
yakni otot yang
membentang sepanjang perut. Fungsinya untuk menekuk tubuh. Penampakan otot
ini menjadi indikasi kebugaran tubuh karena otot ini hanya terlihat jika
kandungan lemak tubuh di bawah 15%. Di dunia fitness, muncul istilah populer
Six Packs, yang menunjukkan otot perut yang terbentuk atas 6 bagian yang menyerupai papan cucian (washboard). Namun
demikian bentuk otot perut ini tidak sama untuk setiap orang. Apakah anda
nantinya memiliki Six Packs, Five Packs atau Four Packs tergantung kepada
genetika anda. Tapi kalau One Packs, itu nama lain dari perut yang membulat
karena gendut.
|
2
Otot External Obliques
|
yakni
otot kecil di sisi perut yang berfungsi untuk memutar dan menekuk tubuh. Otot
ini sebaiknya tidak perlu diberi latihan tambahan karena jika ia membesar,
otomatis ukuran pinggang anda akan membesar dan ini akan merusak efek V-Shape
yang anda cari.
|
||
3
|
|
||
4
|
Lengan
/ Arm
|
1 Otot Biceps
|
yakni otot lengan
atas yang berfungsi untuk menekuk lengan. Otot ini adalah otot yang paling
digemari dan diimpikan. Ketika seseorang diminta untuk menunjukkan ototnya,
maka ia tidak menunjukkan otot dada atau otot pahanya, tetapi yang pertama
kali ia lakukan adalah menunjukkan otot Biceps ini. Otot Biceps mempunyai dua
kepala, pendek dan panjang. Selain itu ada juga yang namanya Brachialis,
yakni otot kecil yang terletak di sebelah luar.
|
2 Otot Triceps
|
yakni otot lengan
atas yang berfungsi untuk meluruskan lengan. Karena letaknya menghadap
belakang, maka otot ini sering tidak diperhatikan. Padahal otot ini
menyumbang 2/3 dari keseluruhan otot lengan atas. Oleh sebab itu jika anda
ingin memiliki lengan yang besar, maka utamakanlah otot Triceps. Otot yang
terdiri atas tiga kepala ini jika dilatih dengan baik akan menyerupai seperti
sepatu kuda (horseshoe).
|
||
3Otot-otot lengan
bawah (forearms)
|
yakni terdiri atas
beberapa otot kecil yang kompleks yang bertugas untuk memutar dan
menggerakkan tangan.
|
||
5
|
Kaki/
Leg
|
1 Otot archiles
tendon
|
untuk menggerakan
telapak kaki.
|
2 Otot peroneus
|
melengkungkan kaki
|
||
3 Otot tibialis
anterior
|
berfungsi untuk mengangkat
kaki
|
LEMBAR KERJA
Kegiatan : Memahami dan
Mengidentifikasi Ilmu Urai Persendian
Bahan : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai
Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan
: Peserta Dapat Menguraikan Ilmu Urai Persendian,
Secara Terperinci.
Skenario
Kegiatan
1.
Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional
KP 1 Tentang Pengetahuan Ilmu Urai Untuk Pengembangan Sikap Peserta Didik
2.
Cermati Setiap Gambar Dan Keterangan Dalam
Anatomi Tubuh Manusia
3.
Identifikasi Jenis Dan Jelaskan Posisi atau
Letak dan Arah Gerakan Dari Ilmu Urai
Persendian Dibawah ini !
NO.
|
NAMA SENDI
|
JENIS / ARAH GERAKAN
|
POSISI ATAU LETAK
|
1
|
SENDI
ENGSEL
|
Antartulang yang
memungkinkan gerakan Satu Arah Maju
Atau Mundur.
|
Persendian pada
siku, lutut, dan persendian antararuas jari tangan.
|
2
|
SENDI
PELANA
|
Antartulang yang
memungkinkan gerakan tulang ke dua arah yang saling tegak lurus seperti
gerakan orang naik kuda.
|
Contoh sendi pelana
adalah persendian tulang tumit dan tulang kering.
|
3
|
SENDI
PELURU
|
Hubungan antar
tulang yang memungkinkan gerak ke segala arah.
|
Sendi peluru adalah
persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul serta antara
persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu.
|
4
|
SENDI
PUTAR
|
Hubungan
antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu mengelilingi tulang
lainnya sebagai poros.
|
Contoh sendi putar
adalah persendian tulang tengkorak dan tulang atlas serta persendian tulang
hasta dan tulang pengumpul.
|
LEMBAR KERJA
Kegiatan : Memahami dan Menguraiakan
Sistem Ekskresi Manusia
Bahan : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai
Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan
: Peserta Dapat Menguraikan Sistem Ekskresi dan Sekresi
Secara Terperinci.
Skenario
Kegiatan
1.
Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional
KP 2 Tentang Ilmu Faal Tubuh
2.
Cermati Setiap Gambar Dan Keterangan Dalam
Anatomi Tubuh Manusia
3.
Jelaskan dan Uraikan Fungsi Dari Organ-Organ
Tubuh Dibawah ini !
NO
|
NAMA ORGAN TUBUH
|
FUNGSI
|
1
|
Paru-Paru
|
Paru-paru
ini mempunyai fungsi utama sebagai alat pernapasan yaitu sebagai tempat
terjadinya pertukaran gas CO2 (Karbon dioksida) dan O2
(Oksigen). Paru-paru juga berperan mengekskresikan zat sisa metabolisme
sehingga organ ini juga berperan sebagai alat ekskresi. Dalam sistem ekskresi
paru-paru berfungsi mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dan uap air
(H2O). Karbon dioksida dan uap air berdifusi di dalam alveolus,
lalu dikeluarkan melalui lubang hidung.
|
2
|
Kulit
|
Sebagai
alat ekskresi adalah sebegai organ penerima rangsangan, pelindung terhadap
kerusakan fisik, penyinaran, dan bibit penyakit, serta untuk pengaturan suhu
tubuh. Pada suhu lingkungan tinggi (panas), kelenjar keringat menjadi aktif
dan pembuluh kapiler di kulit melebar.
|
3
|
Ginjal
|
Fungsi
Ginjal adalah sebagai berikut.
1. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh dengan mengatur
volume plasma darah dan volume air.
2. Membuang sisa metabolisme, misal urea, asam urat,
kreatinin, kreatin, obat-obatan, dan zat lain yang bersifat racun.
3. Menjaga asam basa cairan darah.
4. Mengatur kandungan elektrolit dengan menyaring zat-zat
kimia yang masih berguna bagi tubuh ( natrium, fosfor, dan kalium) dan
mengembalikannya ke saluran peredaran darah.
|
4
|
Ureter
|
Menghantarkan
urin dari ginjal menuju kandung kemih
|
5
|
Kandung kemih
|
|
6
|
Uretra
|
Sebagai
saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual.
Pada pria, berfungsi juga dalam sistem reproduksi sebagai saluran pengeluaran
air mani.
|
LEMBAR KERJA
Kegiatan : Mengimplementasikan
Sosiologi Olahrga Dalam Pembelajaran PJOK.
Bahan : 220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai
Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan Belajar Gerak
Tujuan : Peserta Dapat Menguraikan Konsep, Mengecek Gejala Dan Mengimplementasikan Sosiologi Olahrga Dalam
Pembelajaran PJOK.
Skenario
Kegiatan
1.
Cermati Dan Pahami Materi Modul Profesional
KP 3 Tentang Konsep Sosiologi Olahraga
2.
Cermati Bahan Bacaan Dibawah Ini
3.
Berikan Contoh Kasus Dalam Sosiologi Olahraga
Dan Bagaimana Solusinya
IDENTIFIKASI KASUS
Sosiologi olahraga merupakan ilmu terapan,
yaitu kajian sosiologis pada masalah keolahragaan. Proses sosial dalam olahraga
menghasilkan karakteristik perilaku dalam bersaing dan kerjasama membangun
suatu permainan yang dinaungi oleh nilai, norma, dan pranata yang sudah
melembaga. Kelompok sosial dalam olahraga mempelajari adanya tipe-tipe perilaku
anggotannya dalam mencapai tujuan bersama, kelompok sosial biasanya terwadahi
dalam lembaga sosial, yaitu organisasi sosial dan pranata. Beragam pranata yang
ada ternyata terkait dengan fenomena olahraga.
Berdasarkan pengertian diatas buatlah Dua (2)
contoh kasus yang terjadi dalam olahraga yang berkaitan dengan sosiologi dan
bagaimana pemecahanya !
NO
|
KASUS
|
SOLUSI
|
1
|
Status
dan peranan sosial bagi wanita dalam olahraga
|
Dapat dilakukan lebih bijak melalui
pertimbangan kesesuaian antara apa yang mampu dilakukannya dengan pemberian
hak dan kewajiban serta kesesuaian memberikan harapan-harapan bukan dalam
bentuk tuntutan. Mitos yang keliru sudah seharusnya dibuang. Perbedaan
persepsi tidak harus semakin menyudutkan status dan peranan wanita dalam
olahraga melainkan sebagai pengayaan untuk mencari solusi dalam memberikan
kesempatan yang lebih luas untuk menumbuhkembangkan seluruh potensi serta
untuk terus mengejar ketertinggalan dari kaum pria, dan kemajuan kaum wanita
di negara lain. Diharapkan dengan emansipasi wanita yang dipelopori oleh R.A.
Ajeng Kartini, wanita akan lebih dapat menselaraskan dengan kaum pria dalam
kedudukan serta skill (keahlian) dan ability (kecakapan)
dibidang olahraga.
|
2
|
Agresifitas Atlet
maupun peserta didik dalam olahraga
|
Partisipasi dan berolahraga sejak
usia muda memberikan kebiasaan disiplin, yang mendasari hidup bermasyarakat.
Usaha
prefentif terhadap tingkah laku agresif peserta didik dan atlet dilakukan
dengan dua cara:
1. Umum:
Melalui jalur pendidikan moral formal dan informal mengembangkan nilai dan
norma. Menciptakan suasana pendidikan di sekolah yang menyenangkan,
membahagiakan dan memuaskan. Menerapkan bimbingan dan penyuluhan disekolah
agar frustasi bisa diatasi dengan baik, siswa remaja menjadi remaja yang wajar,
orang dewasa bisa mengendalikan diri dan tingkah lakunya.
2. Khusus:
melalui pembinaan atlet, khususnya kepribadian atlet. Atlet perlu mengalami
internalisasi peraturan cabang olahraga yang ditekuni. Peraturan harus
mendarah daging pada atlet. Atlet harus memperoleh dan memiliki norma, sistim
nilai yang mulia dan kuat, mendasari tingkah laku. Hal ini diperolehnya
melalui bimbingan dan penyuluhan pembinaan mental secara individual.
|
LEMBAR KERJA
Kegiatan : Menjelaskan Tahap Belajar Gerak,
Mengidentifikasi Kesalahan Gerak Dan
Memberikan Umpan Balik.
Bahan :
220GD000G TIK Dalam Pembelajaran, Ilmu Urai Dan Ilmu Faal, Sosiologi Dan
Belajar Gerak
Tujuan : Peserta Dapat Menjelaskan Tahap Belajar Gerak, Mengidentifikasi Kesalahan Gerak Dan Memberikan Umpan Balik.Dalam Pembelajaran PJOK Secara Terperinci
Skenario Kegiatan
1.
Cermatilah kasus pembelajaran Dibawah ini.
2.
Tentukan termasuk fase atau tahapan apakah kasus pembelajaran Tersebut
3.
Identifikasilah kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik.
4.
Berikan contoh feedback atau umpan balik supaya semua peserta didik bisa
melakukan gerakan dengan teknik yang benar
STUDI KASUS
Dalam
pembelajaran aktivitas senam berguling ke depan, tehnik dasar harus disampaikan
diawal dan benar-benar bisa dipahamin oleh seluruh pesertaa didik, supaya
mereka bisa melakukan dengan sempurna sesuai teknik dasar. Dalam praktek
pelaksanaanya dari 30 siswa sd kelas IV terdapat 6 peserta didik putra dan 9
peserta didik putri yang melakukan dengan tidak sempurna, kesalahan mereka
beragam ada yang bertumpu dengan tangan tidak lurus, perkenaan bukan pada dahi,
jatuhnya kesamping, dan berakhir dengan duduk kaki lurus, bahkan ada yang tidak
bisa berguling kedepan atau kembali lagi ke posisi semula. dari kejadian ini
maka guru memutuskan untuk melanjutkan materi senam ini minggu berikutnya
karena masih bayak yang belum memahami.
NO
|
FASE GERAKAN DASAR
|
KESALAHAN GERAK
|
FEED BACK
|
1
|
Gerakan Awal
Siswa jongkok posisi kaki jinjit berada diujung matras tangan di depan
lurus jari-jari rapat
|
bertumpu dengan tangan tidak lurus,
|
-
Pandangan harus
fokus ke matras tempat kedua tangan bertumpu
-
Saat mengangkat
pinggul kedua kaki harus lurus
-
Dagu harus
menempel pada pangkal leher
|
2
|
Gerak
Pelaksanaan
Kedua
Tangan diletakkan pada matras selebar bahu pelan-pelan dagu nempel pada dada
melihat pusar,kaki diangkat pelan-pelan sambil mendorong tubuh ke depan
|
perkenaan bukan pada dahi
|
-
Posisi pantat
harus lebih tinggi dari bahu.
-
Antara badan
dan anggota badan lainya harus menyerupai bulatan
-
Bahu harus
menempel pada matras
-
Badan harus
mengguling ke depan
|
3
|
Gerakan Akhir
Sehinnga
posisi ahir seperti sikap awal sebelum melakukan roll depan
|
jatuhnya kesamping, dan berakhir dengan duduk kaki lurus, bahkan ada
yang tidak bisa berguling kedepan atau kembali lagi ke posisi semula.
|
-
Pada sikap
akhiran badan harus dalam posisi jongkok
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar